Home Suara Muslimah Guru Hebat, Lahirkan Generasi Hebat

Guru Hebat, Lahirkan Generasi Hebat

1882
0
SHARE

ThisisGender.Com-Pada Ahad lalu (24/06), Muslimah HTI DPD II Jember menyelenggarakan training guru tangguh dengan tema “Guru Hebat, Melahirkan Generasi Hebat”. Bertempat di Aula BKKBN Jember, training ini diawali dengan pemutaran video potret buram pendidikan. Video ini sekaligus pengantar agar para Guru dari berbagai sekolah di daerah Jember tersadarkan akan peran penting mereka dalam mewujudkan pendidikan berkualitas.

Siti Maryam, S.Pd., Guru SMU Muhammadiyah 3 Jember yang menjadi trainer pertama dalam training tersebut menyampaikan rusaknya dunia pendidikan Indonesia saat ini sebagai akibat dari diterapaknnya sistem kapitalis yang menjadikan pendidikan juga makin kapitalis. “Kerusakan tersebut terjadi baik secara sistemik, maupun fungsional”, ungkapnya. Para peserta yang hadir juga sepakat bahwa kerusakan tersebut sebagai akibat dari tidak diterapkannya sistem terbaik dari yang telah menciptakan kita, yaitu sistem Islam.

“Apapun kondisi pendidikan saat ini, butuh adanya perubahan, dan itu bisa dimulai dari sisi peran fungsional seorang guru”, papar Laili Chusnul Ch, SE., yang menjadi trainer kedua dalam acara tersebut. Lebih jauh lagi, ia mengungkapkan bahwa seorang pendidik seperti Guru bisa melahirkan generasi yang hebat apabila Guru tersebut punya 4 “ah”, yaitu himmah (bersungguh-sungguh dan pantang menyerah), amanah (jujur, taat dan bertanggungjawab), jama’ah (bergabung dalam komunitas yang sama-sama peduli dengan perubahan) dan kafa’ah (mampu dalam bidangnya dan mampu membentuk kepribadian Islam siswanya).

Mayoritas Guru yang hadir sepakat butuhnya mereka memahami sistem Islam sehingga bisa menyampaikan kebaikan dan menyerukan perubahan bagi siswa dan yang lainnya.

 

Rep : Muslimah4Khilafah

Red : Sarah Mantovani

Komentari Artikel Ini

Tinggalkan pesan