Warga Bukittinggi Dilarang Jadi TKI

0
2218

Thisisgender.com, Jakarta: Pemerintah Kota Bukittinggi tak mengizinkan warganya menjadi tenaga kerja di luar negeri. Itu demi menjaga keselamatan mereka.

“Salah satu alasan kami tak memberi izin warga menjadi TKI itu karena banyak terjadinya penipuan yang berkedok PJTKI,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Bukittinggi Salman, Selasa (13/11) .

Salah satu contoh, menurut Salman, PJTKI tak bisa memberi kejelasan besaran gaji, di mana perusahan tempat bekerja, dan perjanjian kontrak.

Menurut dia, pihaknya tidak memberi izin warga menjadi TKI ketika meminta izin pada Sosnaker sewaktu meminta rekomendasi untuk pembuatan paspor.

Ia mengatakan, sekitar dua tahun yang lalu pihaknya pernah membatalkan seorang pencari kerja untuk menjadi TKI ke luar negeri karena tidak jelas berapa gaji dan di perusahaan tempat bekerja.

Padahal, kata dia, pencari kerja itu telah mendapat izin dari orangtua serta lurah untuk menjadi TKI.

“Karena tidak jelas perusahaan, kontrak dan gaji per bulan dari PJTKI yang akan memberangkatkan warga kita itu, maka kami tidak mengizinkan,” katanya.

Sejauh ini Dinas Sosial dan Tenaga Kerja belum pernah menemukan adanya warga Kota Bukittinggi menjadi TKI ke luar negeri.

Untuk mencegah warga menjadi TKI, Sosnaker setiap tahun membuka pelatihan keterampilan bagi pencari kerja yang belum memiliki pekerjaan tetap.

Dengan adanya pelatihan kerja tersebut, menurut dia, para pencari kerja dapat membuka lapangan usaha sendiri ketimbang menjadi TKI. (Ant/ICH)
Sumber: metrotvnews.com

Komentari Artikel Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.