About Us

Saat ini masih terdapat hegemoni wacana terkait isu gender yang menunjukkan bahwa semua Perempuan Indonesia tertindas atau terdiskriminasi dan karenanya Perempuan Indonesia, khususnya Muslimah harus dibebaskan melalui ide feminisme.

Dari ide-ide feminisme itulah lahir dekonstruksi terhadap al-Qur’an, adanya hadis atau ayat yang bias gender kemudian ditafsirkan kembali secara konstekstual sehingga lahir ayat atau hadis yang ramah perempuan, ide feminisme tersebut juga membuahkan ketimpangan dalam keluarga Islam.

Hal inilah yang membuat kami, para Muslimah yang kini tergabung dalam Pengurus the Center for Gender Studies (CGS), merasa resah dan gelisah melihat fenomena tersebut masih digulirkan oleh Pemerintah dan aktivis feminis di negeri ini.

Demi menjawab panggilan tersebut, akhirnya pada tanggal 07 April lalu, kami membuat sebuah grup dan blog yang mengcounter feminisme dan kesetaraan gender. Karena animo yang begitu besar terhadap grup dan blog, akhirnya kami membuat website resmi yang mengkhususkan diri untuk mengcounter feminisme dan kesetaraan gender, selain membuat fanspage di Facebook dan Twitter.

Visi dan Misi

  • Mengkritisi dan merespon secara akademik bentuk, konsep, wacana paham feminisme yang digulirkan dan disebarkan oleh para feminis kepada Perempuan Indonesia, khususnya kepada Muslimah.
  • Meneliti secara lebih jauh dan serius terhadap ide-ide feminisme serta mendasarkan penelitian tersebut pada Worldview Islam.
  • Mengkaji lebih dalam tentang Sejarah, latar belakang maupun bahaya paham Feminisme dan Kesetaraan Gender.
  • Menggali, mengkaji dan mensosialisasikan konsep-konsep Islam tentang keluarga dan kemuslimahan.
  • Mendiskusikan secara bersama-sama dan mencari solusi yang tepat untuk masalah Feminisme sehingga dapat diterapkan secara langsung dan segera.

Diharapkan website ini bisa menjadi sarana atau ajang untuk sharing, tukar pikiran dan menambah ilmu dengan perempuan-perempuan dari antar lintas organisasi Islam.

 

Redaksi CGS

Redaktur Pelaksana: Rira Nurmaida, S.Si.

Admin Web: Lukmanul Hakim, S.Pd.I.

Sekretariat:
1. Sakinah Fithriyah
2. Antya Sukmawati, S.E.

Editor Bahasa:
Nila Rahma, S.S.

Redaktur Ahli:
1. Dr. Dinar Kania
2. Kholili Hasib, M.Ud.

Penanggung jawab Rubrik :
1. Studi Gender : Dr. Dinar Kania dan Rira Nurmaida, S.Si.

2. Sejarah : Sarah Mantovani, M.P.I.

3. Teladan Muslimah : Nunu Karlina, S.Pd.

4. Fikih Muslimah : Kholili Hasib, M.Ud.

5. Mozaik :
Suci Susanti, S.Kom.

6. Gender 101 :
Tetraswati Diahingati, S.E.
Lisana Shidqina